Info Terbaru 2022

Buku Matematika Kelas 5 Sd/Mi Kurikulum 2013

Buku Matematika Kelas 5 Sd/Mi Kurikulum 2013
Buku Matematika Kelas 5 Sd/Mi Kurikulum 2013
 Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan  Buku Matematika Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013
Buku Matematika untuk kelas 5 SD/MI sesuai Kurikulum 2013 (K13)
Kurikulum 2013 (K13) telah mengalami revisi, salah satunya Mata pelajaran (mapel) Matematika dan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di jenjang SD dan sederajat untuk kelas 4, 5 dan 6 pada Kurikulum 2013 terpisah dari tematik.

Matematika SD Kurikulum 2013 menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri. Hal Ini menurut Permendikbud ihwal penetapan judul buku teks pelajaran matematika serta PJOK yang tertuang dalam Permendikbud No. 24 tahun 2016 pada Bab I pasal 1 item 3.

Untuk mata pelajaran Matematika di kelas tinggi, pada buku Tematik Terpadu kedalaman materinya terasa dangkal. Oleh alasannya ialah itu, siswa tidak mendapat pemahaman konsep matematika secara mendalam. Sehingga, perlu dipakai buku Matematika secara terpisah.

Buku sebagai materi bimbing pada K13 terdiri dari Buku Guru dan Buku Siswa. Buku Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sedangkan Buku Siswa disusun berbasis kegiatan sebagai salah satu penunjang penerapan K13 di SD.

Baca: Buku Matematika K13 untuk SD/MI Kelas 6

KOMPETENSI INTI (KI) KOMPETENSI DASAR (KD) MATEMATIKA KELAS 5

3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan menanya menurut rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-bendayang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan daerah bermain.

3.1 Menjelaskan dan melaksanakan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda

3.2 Menjelaskan dan melaksanakan perkalian dan pembagian pecahandan desimal

3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandinganvolume dan waktu)

3.4 Menjelaskan skala melalui sketsa

3.5 Menjelaskan, dan memilih volume berdiri ruang dengan memakai satuan volume
(seperti kubus satuan) serta korelasi pangkat tiga dengan akar pangkat tiga

3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring berdiri ruang sederhana (kubus dan balok)

3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri akseptor didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya

3.8 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri akseptor didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis

DOWNLOAD BUKU MATEMATIKA KELAS 5 SD/MI

Kemendikbud memperlihatkan susukan kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik atau buku sekolah elektronik (BSE) untuk mempermudah proses berguru mengajar di sekolah. Buku Matematika untuk kelas 5 SD/MI sanggup didownload melalui tautan berikut:


Salah satu alasan dipakai buku Matematika secara terpisah alasannya ialah Matematika mempunyai karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian matematika bersifat abstrak, metode untuk melaksanakan kajian terhadap objek yang bersifat deduktif.
Advertisement

Iklan Sidebar

Adsense 728x90