Faktor yang menyebakan anak malas mencar ilmu dan cara untuk mengatasi hal-hal-tersebut. |
Faktor anak malas belajar itu ialah sikap orangtua yang tidak memperhatikan anak dalam belajar. Banyak orangtua yang menuntut anak mencar ilmu hanya demi angka (nilai) dan bukan atas dasar kesadaran dan tanggung jawab anak selaku pelajar. Suasana rumah yang kegaduhan dan tersedianya akomodasi yang permainan yang berlebihan juga sanggup menganggu minat mencar ilmu anak.
Selanjutnya yang sanggup dilakukan untuk mengatasi hal-hal tersebut yaitu:
1. Menanamkan pengertian yang benar wacana belajar
Terangkan pada anak dengan bahasa yang dimengerti anak., menumbuhkan inisiatif pada anak, kesadaran serta tanggung jawab selaku pelajar pada anak merupakan hal lain yang bermanfaaat jangka panjang.
2. Berikan pola mencar ilmu pada anak
Anak cenderung menggandakan sikap orangtua. Ketika menyuruh dan mengawasi anak belajar, orangtua juga perlu untuk terlihat mencar ilmu contohnya membaca buku. Sesekali ayah dan ibu perlu berdiskusi mengenai topik-topik yang serius.
3. Berikan insentif jikalau anak belajar
Insentif atau hadiah yang diberikan ke anak tidak selalu harus berupa materi, tapi juga bias dalam bentuk penghargaan dan perhatian. Pujilah anak ketika anak mau belajar tanpa mesti disuruh.
4. Ajukan pertanyaan wacana yang diajarkan di sekolah
Sering mengajukan pertanyaan-pertanyaan wacana hal-hal yang diajarkan di sekolah pada anak bukan dalam keadaan mengetes anak, tapi contohnya sembari ikut menjawab kuis. Dengan cara ini, anak akan merasa dipercaya dan dihargai oleh orangtua alasannya mau meminta bantuannya.
5. Menggunakan metode sesuai kemampuan anak
Mengajarkan kepada anak pelajaran-pelajaran dengan metode tertentu yang sesuai dengan kemampuannya. Misalnya active learning, atau learning by doing, atau learning trought playing, sehingga anak mencicipi bahwa belajar ialah sesuatu yang menyenangkan.
6. Membuka diri dan berkomunikasi dengan anak
Carilah situasi dan kondisi yang sempurna untuk berkomunikasi secara terbuka dengan anak. Setelah itu, ajaklah anak mengungkapkan penyebab ia malas belajar. Pergunakan suasana santai, tidak harus formal yang menciptakan anak tidak bisa membuka permasalahan dirinya.
7. Menciptakan disiplin
Jadikan mencar ilmu sebagai rutinitas yang pasti. Bila anak mulai meninggalkan rutinitas yang telah disepakati maka disiplin harus ditegakan. Hindari hukuman yang bersifat fisik, gunakan konsekuensi-konsekuensi logis yang sanggup diterima oleh logika pikiran anak.
8. Pilih waktu mencar ilmu yang terbaik
Pilihlah waktu mencar ilmu yang terbaik untuk anak, ketika anak merasa segar. Mungkin sesudah mandi sore. Anak juga bisa diajak bantu-membantu memilih kapan waktu belajarnya. Kenali pola kemampuan dan perkembangan anak kemudian susunlah suatu jadwal mencar ilmu yang sesuai.
9. Menciptakan suasana mencar ilmu yang baik dan nyaman
Setidaknya orangtua memenuhi kebutuhan sarana belajar, memperlihatkan perhatian dengan cara mengarahkan dan mendampingi anak ketika belajar. Sebagai selingan orangtua sanggup pula memperlihatkan permainan-permainan yang mendidik semoga suasana mencar ilmu tidak tegang dan tetap menarik.
Advertisement