Download Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw. |
Sejalan dengan pemikiran di atas serta melihat hasil berguru yang belum optimal, maka dibutuhkan perubahan dalam proses pembelajaran yang aman sehingga pada hasilnya sanggup meningkatkan prestasi berguru siswa.
Guru dianggap sebagai satu-satunya sumber belajar. Metode pembelajaran yang masih bersifat konvensinal, dimana siswa hanya menyimak klarifikasi guru, mencatat dan mengerjakan latihan saja. Belum lagi penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan hanya menekankan pada penghafalan semata, semakin menambah daftar panjang alasan siswa merasa enggan dalam belajar.
Metode pembelajaran yang aktif dan menyenangkan untuk siswa sehingga pada hasilnya diharapkan sanggup meningkatkan prestasi berguru siswa. Salah satu metode yang sanggup dipakai untuk pembelajaran ialah puzzle jigsaw. Menurut Adenan (1989:9) dinyatakan bahwa puzzle dan games ialah materi untuk memotivasi diri secara positif dan merupakan daya penarik yang kuat.
Tarigan (1986:234) menyatakan bahwa pada umumnya para siswa menyukai permainan dan mereka sanggup memahami dan melatih cara penggunaan kata-kata, puzzle , crosswords puzzle , anagram dan palindron. Sedangkan Jigsaw ialah salah satu metode kooperatif yang lebih mengetengahkan kerja sama tim dalam memecahkan masalah.
Metode puzzle jigsaw merupakan metode kerja sama antara permainan puzzle dan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw. Pembelajaran kooperatif merupakan salah satu pembaharuan dalam dunia pendidikan. Pembelajaran kooperatif sanggup membuat suasana berguru yang menyenangkan dan sanggup membangun kerjasama antar individu dalam kelompoknya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang dilaksanakan dengan mengikuti mekanisme penelitian menurut pada prinsip Kemmis dan Taggart (1988) yang meliputi acara perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. Keempat acara ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus.
Dalam pelaksanaannya penulis merencanakan memakai 3 siklus sebagai dasar penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data ialah cara-cara yang dipakai oleh peneliti untuk mengumpulkan data, (Arikunto. S, 1998:125). Metode yang dipakai dalam penelitian tindakan kelas ini ialah metode dokumentasi, tes dan observasi.
Penelitan Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Menggunakan Metode Puzzle Jigsaw Di Kelas II SDN 8 Gedung Air Bandar Lampung, sanggup Anda download melalui link berikut ini:
PTK MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PUZZLE JIGSAW
Metode analisis data pada penelitian ini ialah memakai metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui kecenderungan peningkatan prestasi berguru siswa dari setiap siklus dalam acara berguru mengajar. Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu sekurang - kurangnya 85% dari keseluruhan siswa memperoleh nilai 65 untuk prestasi berguru kognitif, (Mulyasa, 2004:99).
Advertisement